Halo juragan… Salah satu cara ampuh untuk mengurangi beban loading blog anda adalah dengan cara mengkompres HTML template anda. Kita semua tahu bahwa loading blog yang berat akan menurunkan nilai pageview dan menghambat naiknya trafik visitor.Saya sudah mengkompres template saya ini. Hasilnya, size template yang tadinya 69,8 kb akhirnya turun menjadi 62,2 kb. Ini berarti blog saya telah bertambah ringan loadingnya setelah templatenya saya kompres.
Perhatian!
( i ) Beberapa jam kemudian setelah template anda compress, biasanya script iklan di area postingan tidak akan berfungsi atau iklan tidak bisa tampil.. Jadi anda harus memasang script iklan lagi secara manual di area postingan.
( i ) Jangan khawatir, anda bisa mengembalikan template anda seperti semula kapan saja asalkan anda telah mendownload template lengkap sebelum mengkompresnya.
Cara mengkompres?
1. Langkah Pertama;
Pertama login ke blogger anda dan langsung buka HTML Template blog yang ingin dikompres.
Penting! 
( i ) Download template lengkap untuk berjaga-jaga jika ada kesalahan maka template awal bisa dikembalikan lagi. Caranya klik Template, lalu klik Cadangkan/Pulihkan di pojok kanan atas, lalu klik Unduh Template. Simpan baik-baik file template unduhan ini.
( i ) Selain untuk berjaga-jaga dari kerusakan, file template unduhan ini nantinya digunakan untuk mengetahui perbedaan template anda yang belum dikompres dan yang sudah dikompres nanti.
2. Langkah Kedua;
Buka HTML Template blog anda, lalu copy semua kode HTML Template anda. Caranya, klik Ctrl+A.
3. Langkah Ketiga;
Kunjungi situs ini; Compres HTML
Lalu pastekan kode HTML Template anda tadi di sana, lihat gambar dibawah ini;

4. Langkah Keempat
Centang “Don’t compress HTML head of document“, lalu lik Compres HTML. Maka kode script HTML hasil kompresan akan muncul di bawahnya. Lalu copy kode tersebut dan pastekan di HTML Template anda tadi untuk mengganti kode HTML Template yang lama secara keseluruhan.
5. Langkah Terakhir
Klik Preview, jika tidak ada masalah lalu klik Simpan Template.
Selesai.
( i ) Untuk Melihat Hasilnya;
Download Template Lengkap seperti tadi, lalu bandingkan ukuran atau size-nya dengan file download template lengkap yang pertama tadi. Maka size-nya akan berkurang. Berarti blog anda sekarang lebih ringan daripada sebelum dikompres.
Terimakasih Telah membaca Cara Kompres Template Blog " Jangan lupa baca juga Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog Anda